ISLAMIYAH, NUR (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI METODE CERITA PADA KELOMPOK A TK. ISLAM PLUS ARROSYIID KOTA MOJOKERTO. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB) | Preview
bab 1.pdf
Download (1MB) | Preview
bab 2.pdf
Download (1MB) | Preview
bab 3.pdf
Download (1MB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut
berhubungan dengan hasil penelitian yang membuktikan bahwa kapabilitas
kecerdasan dari orang dewasa sebanyak 50% sudah terjadi pada anak ketika ia
masih berusia empat tahun. Perkembangannya terus melesat sampai dengan 80%
ketika anak berusia delapan tahun dan puncaknya ketika anak berusia 18 tahun.
oleh karena itu kemampuan berhitung awal anak di TK. Islam Plus Arrosyiid Kota
Mojokerto perlu diajarkan sejak dini.
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) mendeskripsikan
aktifitas guru dan anak ketika kegiatan dalam meningkatkan kemampuan
berhitung anak melalui metode cerita di TK. Islam Plus Arrosyiid Kota
Mojokerto; 2) mendeskripsikan kegiatan dalam meningkatkan kemampuan
berhitung anak melalui metode cerita di TK. Islam Plus Arrosyiid Kota Mojokerto
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research),
karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Data
dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Dokumentasi. lembar observasi yang
terdiri dari: (a) Lembar observasi aktivitas guru. (b) Lembar observasi aktivitas
anak. dan (c) Lembar observasi kemampuan berhitung anak melalui kegiatan .
Sedangkan dokumentasi yang diambil antara lain: (a) Daftar nama anak
Kelompok A TK. Islam Plus Arrosyiid Kota Mojokerto (b) Rencana Kegiatan
Mingguan (RKM) (c) Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan (d) Foto kegiatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami
peningkatan sebanyak 39.58 %, sedangkan aktivitas anak mengalami peningkatan
sebesar 37.55 % dan kemampuan ekspresi mengalami peningkatan sebesar 25.00
%, dimana pada siklus I memperoleh prosentase 47.92 % menjadi 100.00 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: 1. DR. M. Ridlwan, M.Pd. ; 2. Ratno Abidin, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | berhitung, cerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 1348 not found. |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 06:21 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 06:21 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7602 |