MANDASARI, ARDELINA (2020) PERMAINAN APE BONEKA JARI DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM AL MUZANNY KECAMATAN DAMPIT KABUPATEN MALANG. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (430kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (24kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (128kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (50kB) | Preview
![BAB 4 [thumbnail of BAB 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB)
![BAB 5 [thumbnail of BAB 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
![LAMPIRAN [thumbnail of LAMPIRAN]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan
APE boneka jari pada anak Kelompok A TK Islam Al Muzanny Dampit Malang . Adapun
jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model penelitian
Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing
terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian anak Kelompok A TK Islam Al Muzanny
Dampit Malang yang berjumlah 15 anak. Objek penelitian yaitu keterampilan berbicara.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Instrumen penelitian yang
digunakan berupa instrumen lembar observasi yang berbentuk checklist. Teknik analisis
data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian adapun cara peningkatan keterampilan berbicara
menggunakan APE boneka jari, sebagai berikut: (1) guru menjelaskan kepada anak
kegiatan berbicara menggunakan APE boneka jari, (2) guru memberi contoh terlebih
dahulu bagaimana memainkan sandiwara boneka menggunakan APE boneka jari, (3) dua
atau tiga anak maju secara bergantian untuk melakukan kegiatan berbicara yang
menggunakan APE boneka jari dengan pembicaraan bebas, dan (4) guru memberikan
motivasi dan reward berupa ”tanda bintang”, sehingga diharapkan anak lebih berani
lagi dalam kegiatan berbicara menggunakan APE boneka jari. Hasil penelitian
menunjukkan peningkatan. Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian di mana pra
tindakan mencapai 51,11%, siklus I mencapai 61,48%, dan pada siklus II mencapai
78,89%. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa APE boneka jari dapat
meningkatkan keterampilan berbicara pada kelompok A TK Islam Al Muzanny Dampit
Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | embimbing I Drs. Wahono, M.Si . Pembimbing II Ratno Abidin, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berbicara, APE Boneka Jari |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Adhi Dewantara |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 08:14 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 08:14 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7619 |