AL-JIHADIYAH, DIEN FATHIN (2019) THE EFFECTIVENESS OF INSTRUCTIONAL CHAINS METHOD IN WRITING HORTATORY EXPOSITION TEXT TO ANALYSE STUDENTS’ HIGHER ORDER THINKING SKILLS. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (759kB) | Preview
CHAPTER I.pdf
Download (220kB) | Preview
CHAPTER II.pdf
Download (472kB) | Preview
CHAPTER III.pdf
Download (279kB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
CHAPTER IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (489kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
CHAPTER V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (264kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Appendix.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Metode rantai instruksional adalah metode analisis untuk menangkap dan menggambarkan tindakan instruksional utama yang dilakukan oleh guru menulis untuk mendorong kontekstualisasi penulisan argumentatif melalui pendekatan pembelajaran yang berorientasi proses. Ini bertujuan untuk menguji efektivitas menggunakan metode rantai instruksional untuk mengembangkan kemampuan menulis siswa dan untuk mengetahui keterampilan berpikir tingkat tinggi. Desain penelitian adalah desain eksperimen semu yang menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini dimulai pada tanggal 3 hingga 30 April 2019 di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Partisipan penelitian adalah XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Selanjutnya, peneliti melakukan pre-test dan post-test serta kelas observasi. Hasil tes dihitung dengan menggunakan SPSS versi 16.0. Metode Rantai Instruksional terbukti karena 3 aspek; skor rata-rata dari kedua kelas; Hasil perhitungan uji-T; dan perhitungan para siswa yang lulus nilai lulus bahasa Inggris; Dapat dilihat bahwa menggunakan metode rantai instruksional efektif untuk mengembangkan kemampuan menulis siswa dalam belajar teks eksposisi hortatory. Di sisi lain, ini menunjukkan bahwa siswa harus berpikir kritis untuk membuat penilaian, dan menerapkan materi dengan kehidupan nyata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : 1. Drs. Wijayadi, M.Pd ; 2. Sulton Dedi Wijaya, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menulis, Teks Eksposisi Hortatory, Metode Rantai Instruksional, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Muhammad Faizal Ramadhani |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 03:08 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 03:08 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7679 |