METODE BERMAIN PERAN DALAM BERMAIN PERAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KUSUMA WIJAYA SURABAYA

KUSUMANINGTYAS, ANY (2019) METODE BERMAIN PERAN DALAM BERMAIN PERAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KUSUMA WIJAYA SURABAYA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (823kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB 1.pdf

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB 2.pdf

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui A Penggunaan
metode bermain peran di TK Kusuma Wijaya Usia 5-6 tahun Surabaya dan untuk
mengetahui pembentukan karakter kesopanan di TK Kusuma Wijaya Usia 5-6
tahun Surabaya. Bermain peran merupakan salah satu bentuk bermain yang cocok
digunakan untuk pembelajaran anak. Melalui metode bermain peran anak diajak
untuk belajar memecahkan masalah pribadi, dengan bantuan kelompok sosial
yang anggotanya teman-temannya sendiri. Anak mampu menirukan sebuah tokoh
yang anak pilih saat bermain peran sehingga mengajarkan anak untuk
mengekspresikan dirinya lewat peran-peran yang dimainkan. Mengajarkan anak
untuk berinteraksi dan berbicara secara langsung dengan teman sebaya Roestiyah
(2010: 90). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Djam’an Satori (2011: 23) mengungkapkan bahwa penelitian kualitatif dilakukan
karena peneliti ingin mengeksplor fenomena-fenomena yang tidak dapat
dikuantifikasikan yang bersifat deskriptif. Peneliti menggunakan metode
penelitian deskriptif kualitatif karena penelitian ini mengeksplor Metode Brmain
Peran dalam Pembentukan karakter Sopan Anak Usia Dini di TK Kusuma Wijaya
Kelompok B Surabaya. Selain itu penelitian ini juga bersifat induktif dan hasilnya
lebih menekankan makna. Adapun indikator yang digunakan dalam penelitian
berkaitan dengan norma atau nilai perlu dikembangkan, dieksplisitkan, dengan
konteks kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembelajaran nilai-nilai
karakter tidak hanya pada tataran kognitif, tetapi menyentuh pada internalisasi,
dan pengamalan nyata dalam kehidupan sehari-hari diharapkan nanti menjadi
budaya sekolah. Pada penelitian ini kemampuan anak dalam pembentukan
karakter berkembang sesuai dengan harapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. Drs. Wahono, M.Si ; 2. Ratno Abidin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pembentukan karakter, bermain peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 1348 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2023 06:33
Last Modified: 04 Aug 2023 06:33
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7704

Actions (login required)

View Item
View Item