ALAYDRUS, GAMAR (2019) PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 3D KELOMPOK USIA 5-6 TAHUN DI SEKOLAH SINGHANAKHON WITTAYANUSORN SCHOOL (ANUBAN) SONGKHLA THAILAND. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB) | Preview
BAB I.pdf
Download (181kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (255kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (252kB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (228kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Bahasa merupakan suatu sistem simbol untuk berkomunikasi dengan orang
lain, meliputi daya cipta dan sistem aturan. Tujuan penelitian adalah untuk
mendeskripsikan bagaimana pembelajaran Bahasa Indonesia dan mendeskripsikan
bagaimana hasil pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 kelompok usia 5-6 tahun di
sekolah Singhanakhon Wittayanusorn School (Anuban) Songkhla Thailand. Jenis
penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian
kualitatif Desain penelitian deskriptif kualitatif ditujukan untuk mendeskripsikan dan
menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik bersifat alamiah maupun
rekayasa manusia. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini
adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel digunakan jika ingin meneliti
sebagian dari populasi dan bermaksud untuk menggeneralisasi hasil penelitian sampel.
Sampel data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas 3D berjumlah 26 anak.
Berdasarkan hasil pengamatan maka dapat ditarik kesimpulan hasil pembelajaran
Bahasa Indonesia kelas 3D kelompok usia 5-6 tahun di sekolah Singhanakhon
Wittayanusorn School (Anuban) Songkhla Thailand menunjukkan bahwa masih ada
anak didik yang belum mampu menunjukkan berkembang sesuai harapan dimana ada
10 anak yang berkembang sesuai kemampuan, 9 anak mulai berkembang dan 7 anak
belum berkembang dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kemampuan berbahasa
Indonesia dari hasil pengamatan pada anak sebagian besar sudah mampu dalam
mengucapkan, membaca dan menulis kalimat bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing I: Ratno Abidin, M.Pd., Pembimbing II: Wardah Suweleh, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, bahasa Indonesia, anak usia dini. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 1348 not found. |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 07:16 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 07:16 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7723 |