Setyawati, Ifa Dilli (2019) Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Metode Percakapan Pada Kegiatan Bercerita Pada Anak PAUD Harapan Bunda Kedungsolo Porong. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB) | Preview
BAB I.pdf
Download (179kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (245kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (280kB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (485kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (606kB)
Abstract
Bidikan anak usia dini menuntut adanya perubahan pada pola pikir lama ke pola pikir
baru. Pola pikir yang menganggap bahwa guru sebagai satu – satunya sumber belajar harus
segera ditinggalkan, karena lingkungan dan ilmu pengetahuan serta teknologi sebagai kunci
pembuka sumber belajar yang sangat luas. Dengan demikian kelas bukanlah satu – satunya
tempat belajar bagi anak usia dini. Belajar dilakukan dengan aktif dimana anak melakukan
banyak hal untuk mendapatkan pengalaman melalui proses saintifik. Dalam metode bercakap
– cakap, bercerita dan tanya jawab diharapkan dapat digunakan untuk mengembangkan
kemampuan berbahasa anak. Tujuan utama dalam pengembangan bicara anak adalah
memiliki keterampilan berbicara yang baik serta memiliki kemampuan berkomunikasi secara
lisan dengan lancar, teknik pembelajaran kooperatif merupakan salah satu teknik
pembelajaran yang mendukung pembelajaran kontekstual. Proses pembelajaran tidak hanya
pada upaya mendapatkan pengetahuan, melainkan bagaimana menggunakan seluruh
pengetahuan yang didapat untuk memecahkan permasalahan. Kemampuan memecahkan
masalah adalah anak akan terlatih dan memiliki keterampilan untuk mengatasi masalah dan
menghubungkan teori yang diperoleh dengan kenyataan hidup sehari – hari. Anak – anak
harus di ajarkan bagaimana merasakan saling mengajar dengan sesama teman. Karena
kegiatan yang berhubungan dengan percakapan akan memberi kesempatan kepada anak didik
untuk bekerjasama sesama anak dan tugas – tugas yang berstruktur. Anak akan belajar gotong
royong, bekerja sama dalam menyelesaikan masalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing I: Aris Setiawan, S.Sn,M.Pd., Pembimbing II: Drs. Wahono, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Kemampuan Bercerita, metode percakapan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 1348 not found. |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 07:36 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 07:36 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7730 |