IFADAH, IMMATUL (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN KARTU KATA DI KELOMPOK B RA ZAM-ZAM UNGGULAN SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019-2020. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
pendahuluan bu imma.pdf

Download (576kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I bu imma.pdf

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II bu imma.pdf

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III bu imma.pdf

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV bu imma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V bu imma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran 1 bu imma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak
Kelompok B Ra Zam-Zam Unggulan Surabaya menggunakan media kartu kata bergambar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca permulaan anak Kelompok B
Ra Zam-Zam Unggulan Surabaya serta guru masih sering menggunakan (LKA) Lembar Kerja Anak,
papan tulis, dan spidol sebagai pembelajaran membaca permulaan. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif partisipatif dengan menggunakan model
penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B Ra Zam�Zam Unggulan Surabaya yang berjumlah 13 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 5 anak
perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan
menggunakan kartu kata bergambar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
observasi, sedangkan teknik analisis data digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca
permulaan anak Kelompok B Ra Zam-Zam Unggulan Surabaya. Peningkatan ini dapat dilihat dari
hasil observasi yang meningkat pada setiap siklusnya. Peningkatan dari pra tindakan ke Siklus I
sebesar 30,77% dan dari Siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebesar 53,83%. Anak yang
berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik sebelum tindakan/pra tindakan sebesar 7,69%, pada
Siklus I sebesar 38,46%, dan pada Siklus II sebesar 92,31%. Adapun keberhasilan tersebut dilakukan
dengan langkah sebagai berikut: (1) mempersiapkan media dan mengkondisikan anak, (2)
memberitahukan tema pembelajaran serta menjelaskan cara bermain/memberi contoh serta
membagi anak menjadi 3 kelompok, (3) anak bergiliran untuk bermain dan mengacak kartu dengan
posisi terbalik di kantung flannel dan satu per satu anak maju memilih 1 kartu dengan membaliknya,
(4) anak bermain serta melakukan sesuai perintah dan contoh guru dalam pembelajaran kemampuan
membaca pada indikator 1 sampai 6 sesuai yang direncanakan peneliti, dan (5) mendampingi dan
memotivasi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Dosen Pembimbing I: Aris Setiawan, S.Sn, M.Pd., Pembimbing II: Wardah Suweleh, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca permulaan, media kartu kata bergambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 1348 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:09
Last Modified: 07 Aug 2023 04:09
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7739

Actions (login required)

View Item
View Item