PURWANTI, SRI (2019) Kemampuan Mengenal Bilangan 1-5 Melalui Media Kartu Angka Pada Anak Usia 3-4 Tahun di PPT Setyo Langgeng Kecamatan Semampir Surabaya. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (638kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (192kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (340kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (578kB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (373kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak
harus memperhatikan komponen dalam penggunaan media yang menarik serta
memudahkan anak dalam mengenal lambang bilangan. Tujuan penelitian adalah
untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil kemampuan mengenal
bilangan 1-5. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif rangkaian
kegiatan untuk memperoleh data yang bersifat apa adanya untuk memahami
fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian merupakan langkah
penelitian pengamatan fenomena dapat dijelaskan secara terperinci dan ilmiah.
Teknik pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah),
sumber data primer, dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi
beranalisis serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sampel data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling seluruh murid usia 3-4 tahun
di PPT Setyo Langgeng Kecamatan Semampir Surabaya dengan jumlah siswa 20
anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di PPT Setya Langgeng
Kecamatan Semampir Surabaya telah menerapkan media kartu angka untuk
meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-5 anak usia dini. Media kartu
angka dapat merangsang anak lebih cepat mengenal angka, membuat minat anak
semakin menguat dalam menguasai konsep bilangan, serta merangsang
kecerdasan dan ingatan anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing I: Aris Setiawan, S.Sn., M.Pd., Pembimbing II: Aristiana Prihatining Rahayu, S.Sos.,M.Med.,Kom. |
Uncontrolled Keywords: | kartu angka, mengenal bilangan 1-5 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 1348 not found. |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 04:22 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 04:22 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7779 |