PERAN KELUARGA DALAM PERKEMBANGAN BERBICARA ANAK USIA 3-4 TAHUN (Study Kasus di PPT Rosemary Kecamatan Tambaksari Surabaya)

WAHYUNI, SRI (2019) PERAN KELUARGA DALAM PERKEMBANGAN BERBICARA ANAK USIA 3-4 TAHUN (Study Kasus di PPT Rosemary Kecamatan Tambaksari Surabaya). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (476kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (501kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan berbicara anak merupakan suatu proses yang
menggunakan berbicara ekspresif dalam bentuk dan arti kata. Berdasarkan
observasi awal yang dilakukan di PPT Rosemary Kecamatan Tambaksari
Surabaya diperoleh informasi bahwa hasil belajar pada perkembangan berbicara
dalam perkembangan berbicara pada anak usia 3-4 tahun masih tergolong rendah.
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peran keluarga dalam
perkembangan berbicara anak usia 3-4 tahun di PPT Rosemary Kecamatan
Tambaksari Surabaya. Jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif dengan format deskriptif berupa kata-kata tertulis atau uraian dari
orang-orang dan pelaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan
pada natural setting (kondisi yang alamiah), sumber data primer, dan teknik
pengumpulan data lebih banyak pada observasi beranalisis serta, wawancara
mendalam, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh
anak usia 3-4 tahun di PPT Rosemary Kecamatan Tambaksari Surabaya dengan
jumlah 17 anak dan jumlah sampel penelitian 8 anak yang belum berkembang
berbicaranya. Analisis data berdasarkan data yang telah direduksi dan disajikan,
peneliti membuat kesimpulan yang didukung dengan bukti yang kuat pada tahap
pengumpulan data. Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi penelitian
sejauh mana hasil pendekatan belajar anak dalam perkembangan berbicara di PPT
Rosemary, maka pada bagian ini akan dikemukakan kesimpulan hasil penelitian
bahwa peran keluarga berpengaruh dalam perkembangan berbicara anak usia dini
Anak usia 3-4 tahun di PPT Rosemary Surabaya. Orang tua pada dasarnya
memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan anak, salah satunya
kemampuan berbicara.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Dosen Pembimbing I: Ratno Abidin, M.Pd., Pembimbing II: Drs. Wahono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: peran keluarga, perkembangan berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 1348 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:23
Last Modified: 07 Aug 2023 04:23
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7782

Actions (login required)

View Item
View Item