Kurniati, Yayuk (2019) PENGARUH MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK PADA KELOMPOK B DI TK PERMATA SURABAYA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB) | Preview
BAB 1.pdf
Download (99kB) | Preview
BAB 2.pdf
Download (205kB) | Preview
BAB 3.pdf
Download (305kB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (356kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan membaca pada anak kelompok B relatif rendah dikarenakan
anak masih kesulitan dalam memahami konsep huruf tanpa menggunakan media
yang kreatif sehingga diperlukan media kartu bergambar dalam pemahaman
huruf.Penggunaan media kartu gambarmerupakan salah satu bentuk upaya untuk
mengembangkan kemampuan membaca anak dalam mengucapkan huruf,
membedakan huruf, menggabungkan 2 huruf, menggabungkan huruf menjadi
kata, menggabungkan kata menjadi kalimat secara sederhana. Penelitian ini
bertujuan untuk 1) mengetahui proses penggunaan media kartu gambar terhadap
kemampuan membaca anak pada kelompok B di TK Permata Surabaya. 2) untuk
mengetahui hasil kemampuan membaca anak pada kelompok B melalui media
kartu gambar di TK Permata Surabaya. Metodologi Penelitian menggunakan jenis
penelitian kuantitatif pre eksperimen dengan desain one group pre test – post
test.Teknik pengumpulan data pada penelitian data pada penelitian ini
menggunakan observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji
Wilcoxon yang diperoleh T hitung = 0 dan nilai T tabel =14, hal ini membuktikan
bahwa 0<14 maka hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh
penggunaan media kartu gambar terhadap kemampuan membaca anak kelompok
B.Hasil posttest meningkat sangat baik dibandingkan dengan hasil pretest.
Posttest mendapat hasil rata-rata 34, 2. Hal ini berarti ada perkembangan yang
sangat baik dari peserta didik yang terlibat dalam kelompok B sampel penelitian.
Hasil posttest yang meningkat drastis memberikan jawaban bahwa dengan media
kartu gambar dapat mempengaruhi perkembangan kemampuan membaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing I. Aris Setiawan, S.Sn, M.Pd., Pembimbing II. Aristiana Prihatining Rahayu, S.Sos., M.Med.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | anak usia 5-6 tahun; kemampuan membaca; media kartu gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 1348 not found. |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 06:47 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 06:47 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7800 |