ISTIANAH, JENNI (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF MELALUI MEDIA KARTU GAMBAR DIKELOMPOK A TK YAA BUNAYYA 2 SURABAYA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
pendahuluan bu jenni.pdf
Download (651kB) | Preview
BAB I bu jenni.pdf
Download (301kB) | Preview
BAB II bu jenni.pdf
Download (619kB) | Preview
BAB III bu jenni.pdf
Download (744kB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB IV bu jenni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (306kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V bu jenni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Lampiran bu jenni istianah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Usia dini merupakan kesempatan emas bagi anak untuk belajar, sehingga disebut usia emas (golden
age). Pada usia ini anak memiliki kemampuan untuk belajar yang luar biasa khususnya pada masa
kanak-kanak awal. Mengingat usia dini merupakan usia emas maka pada masa itu perkembangan
anak harus dioptimalkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses
meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media kartu gambar dikelompok A dan
bagaimana hasil dari proses tersebut. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses
meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media kartu gambar pada anak kelompok A.
penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dimana tes dan data dihitung secara
kuantitatif yang dituangkan pelaporannya dengan analisis data.. Media merupakan hal yang sangat
penting dalam membantu proses perkembangan pembelajaran anak, karena dengan media maka
pembelajaran akan sesuai dengan apa yang diharapkan. Kartu huruf bergambar merupakan media
yang termasuk pada jenis media grafis atau media dua dimensi. Kartu gambar biasanya berisi
gambar dan huruf abjad digunakan untuk mengembangkan kemampuan pengenalan huruf abjad.
Penggunaan kartu huruf bergambar ini sangat menarik perhatian anak dalam mengenal huruf abjad
dan sangat mudah digunakan dalam pembelajaran membaca. Selain itu kartu abjad bergambar ini
melatih kreatif anak dalam menyusun kata-kata sesuai dengan keinginannya. Dan dari hasil
penelitian Anak-anak aktif dalam pembelajaran dengan menggunakan media kartu huruf bergambar
untuk peningkatan ketrampilan pengenalan huruf abjad A-Z bagi anak usia dini. Pembelajaran
dengan menggunakan media kartu bergambar dapat meningkatkan ketrampilan membaca pada anak
usia dini ditingkat selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing 1 Aris Setiawan,S.Sn ,M.Pd. pembimbing II Wardah Suweleh,S.Pd,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Aktif, huruf Abjad , kartu huruf bergambar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 1348 not found. |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 06:37 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 06:37 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7848 |