MUSLIKHA, RATNA (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI PERMAINAN EDUKATIF BALOK KONSTRUKTIF PADA ANAK KELOMPOK A TK BHAKTI PERTIWI SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN BU RATNA.pdf
Download (572kB) | Preview
BAB I BU RATNA.pdf
Download (371kB) | Preview
BAB II bu ratna.pdf
Download (517kB) | Preview
BAB III bu ratna.pdf
Download (553kB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB IV bu ratna.pdf
Restricted to Registered users only
Download (802kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V bu ratna.pdf
Restricted to Registered users only
Download (280kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Lampiran 1 bu ratna.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian perkembangan kemampuan bercerita anak diTk Bhakti Pertiwi Surabaya,
kemampuan berceria belum tercapai secara optimal, terindentifikasi terdapat 36% dari 20 anak atau hanya
tingkat pencapaian perkembangan kemampuan bercerita dengan katogori baik. Berorientasi pada masalah
tersebut, maka dilakukan solusi pemecahan dengan Penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan mendeskripsikan hasil belajar kemampuan bercerita pada pada
anak kelompok A Tk Bhakti Pertiwi melalui permainan edukatif balok konstruktif seoptimal mungkin dalam
penelitian ini, subyek yang saya gunakan adalah anak didik kelompok A di Tk Bhakti pertiwi Surabaya yang
jumalahnya 20 anak yeng terdiri 12 perempuan dan 8 laki-laki. Dari jumlah anak tersebut yang dipakai buat
bahan observasi peneliti hanya 10 anak, hasil penelitian ini dapat disimpulkan penggunaan metode
meningkatkan kemampuan bercerita melalui balok konstruktif pada anak. Hal ini ditunjukkan dari analisis yang
didapatkan bahwa rata-rata kemampuan bercerita pada anak kelompok A Tk Bhakti Pertiwi pada siklus 1
pertemuan 1 Ʃ B: Jika B lebih banyak daripada BB, BSH, BSB. Ini ditunjukkan pada table rekapitulasi yang
menunjukkan angka 24 untuk total rata – rata bisa dari yang sebelum kegiatan yaitu pada angka 20, maka
kegiatan yang diberikan sudah berhasil merubah kemampuan bercerita anak kelompok A di TK Bhakti Pertiwi
Surabaya menjadi berkembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen pembimbing 1 : Aris Setiawan, S.Sn, M.Pd pembimbing II : Wardah Suweleh, S.Pd, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan bercerita, metode permainan edukatif balok konstruktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 1348 not found. |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 06:38 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 06:38 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7850 |