YUSABILLILLAH, MUSTAKIM (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PETBUD (PETA BUDAYA) BERBASIS APLIKASI PADA SISWA KELAS IV SAAT PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
02_Mustakim Yusabillillah_20181115027_Pendahuluan.pdf
Download (964kB) | Preview
03_Mustakim Yusabillillah_20181115027_BAB 1.pdf
Download (149kB) | Preview
04_Mustakim Yusabillillah_20181115027_BAB II.pdf
Download (270kB) | Preview
05_Mustakim Yusabillillah_20181115027_BAB III.pdf
Download (241kB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
06_Mustakim Yusabillillah_20181115027_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (946kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
07_Mustakim Yusabillillah_20181115027_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
09_Mustakim Yusabillillah_20181115027_Lampiran.docx.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Media pembelajaran PETBUD (Peta Budaya) adalah media
pembelajaran berbasis aplikasi yang dapat digunakan sebagai
penunjang pembelajaran luring atau daring. Selama pembelajaran
tatap muka terbatas guru diharuskan dapat beradaptasi dengan
pemanfaatan teknologi agar pembelajaran dapat berjalan secara
kondusif dan menyenangkan. Penelitian pengembangan ini
bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media
PETBUD (peta budaya) pada pembelajaran tematik kelas IV tema
tujuh mengenai keragaman budaya. Peneliti menggunakan metode
penelitian Research and development (R&D) dengan mengacu
model pengembangan Borg and Gall, menggunakan 7 langkah saja
yaitu 1) Potensi masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk,
4) Validasi produk, 5) Revisi desain, 6) Uji coba, dan 7) revisi
produk. Teknik pengumpulan data pada ini menggunakan
wawancara kepada guru, validasi produk yang dilakukan oleh ahli
media dan ahli materi, angket respon siswa dan guru, serta tes
kepada siswa. Berdasarkan hasil validasi produk oleh para ahli
memperoleh persentase sebesar 93% dari ahli media dan 93% dari
ahli materi dengan kategori sangat layak/valid. Selanjutnya,
kepraktisan media PETBUD berdasarkan angket respon siswa
memperoleh persentase sebesar 93% dan 90% dari angket respon
guru. Keefektifan media memperoleh persentase 80% sesudah
menggunakan media yang sebelumnya hanya 20% siswa yang
tuntas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing I: Fajar Setiawan, S.Pd.,M.Pd., Pembimbing II: Meiza Nanda Faradita, S.Pd.,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran,PETBUD, Keragaman Budaya. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Users 1348 not found. |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 06:38 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 06:38 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7856 |