Rusdiana, Rina (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (623kB) | Preview
BAB 1.pdf
Download (194kB) | Preview
BAB 2.pdf
Download (399kB) | Preview
BAB 3.pdf
Download (410kB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (752kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (266kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Learning Start with a Question terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surabaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII F sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 22 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Instrumen dan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, LKS, soal pretest/posttest, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Data hasil penelitian diolah dengan uji t dan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi Learning Start with a Question berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang diperoleh t_tabel= 2,01808 ≤ t_hitung = 2,371 maka H_0 ditolak dan alternatif diterima, (2) Aktivitas siswa dominan pada aktivitas “Menyimak dan mampu menyebutkan kembali materi yang telah disampaikan” dengan persentase 50,5%, (3) Respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan strategi Learning Start with a Question adalah positif. Hal ini ditunjukkan dari persentase respon siswa yang menyatakan setuju dan sangat setuju adalah sebesar 95% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Jadi, strategi Learning Start with a Question berpengaruh dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII E di SMP Muhammadiyah 2 Surabaya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : 1. Dr. Dra Iis Holisin, M.Pd ; 2. Himmatul Mursyidah, S.Si., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Learning Start with a Question, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lailil Aswiyatul Mustdzalifah |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:44 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 07:44 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7959 |