Rusdiana, Rina (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (623kB) | Preview
BAB 1.pdf
Download (194kB) | Preview
BAB 2.pdf
Download (399kB) | Preview
BAB 3.pdf
Download (410kB) | Preview
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (752kB)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (266kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Learning Start with a Question terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surabaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII F sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 22 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Instrumen dan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, LKS, soal pretest/posttest, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Data hasil penelitian diolah dengan uji t dan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi Learning Start with a Question berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang diperoleh t_tabel= 2,01808 ≤ t_hitung = 2,371 maka H_0 ditolak dan alternatif diterima, (2) Aktivitas siswa dominan pada aktivitas “Menyimak dan mampu menyebutkan kembali materi yang telah disampaikan” dengan persentase 50,5%, (3) Respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan strategi Learning Start with a Question adalah positif. Hal ini ditunjukkan dari persentase respon siswa yang menyatakan setuju dan sangat setuju adalah sebesar 95% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Jadi, strategi Learning Start with a Question berpengaruh dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII E di SMP Muhammadiyah 2 Surabaya.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing : 1. Dr. Dra Iis Holisin, M.Pd ; 2. Himmatul Mursyidah, S.Si., M.Si |
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Learning Start with a Question, Kemampuan Pemecahan Masalah |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Lailil Aswiyatul Mustdzalifah |
| Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:44 |
| Last Modified: | 09 Aug 2023 07:44 |
| URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7959 |
