YUSUF, ACHMAD (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM PEMBELAJARAN AL ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (609kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (202kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (380kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (183kB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (365kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (142kB)
Abstract
Dewasa ini pendidikan mulai melangkah lebih maju, Sekolah Menengah atas yang
biasanya menggunakan pendekatan pedagogi, kini mulai menggunakan pendekatan andragogi
dalam sistem pembelajaran, andragogy adalah teknik pembelajaran orang dewasa yang tentu saja
kebalikan dari pedagogi, salah satu sekolah yang mengimplementasikan andragogi dalam setiap
pembelajarannya adalah SMA Muhammadiyah 10.
Berdasarkan latar belakang diatas maka penelitian ini mempunyai 3 rumusan masalah,
yaitu: 1). Bagaimana Pembelajaran PAi di SMA Muhammadiyah 10, 2). Bagaimana
Implementasi Andragogi Dalam Pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 10, 3). Apa Saja
Hambatan dan Solusi dalam Penggunaan Andragogi.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan
menggunakan metode observasi, wawancara dan triangulasi data, sedangkan teknik analisis data
melalui beberapa tahapan yaitu data collection, data reduction, data display, data analysis dan
concluison
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, 1). PAI adalah mata pelajaran yang wajib di
ajarkan dan di ikuti oleh seluruh siswa, 2). SMA Muhammadiyah memang
mengimplementasikan andragogi dengan cara bertanya tentang apa yang ingin dipelajari terlebih
dahulu oleh peserta didik, melakukan studi kasus serta diskusi dalam kelas, 3). Apabia siswa
kurang siap belajar, maka siswa cenderung pasif di dalam kjelas, solusinya adalah guru
mereview pelajaran sebelumnya atau guru bertanaya apa yang ingin siswa pelajari terlebih
dahulu,lalu kedekatan emosianal yang di bangun guru dan siswa kerapkali disalah gunakan ,
sehingga siswa berperilakukurang sopan, solusinya dalah guru memberi wawasan lebih tentang
etika kepada siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing (I) Dr. M. Arfan Muammar, M.Pd.I; (II) Asrori M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Andragogi, Pembelajaran, PAI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 1348 not found. |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 04:43 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 04:43 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8028 |