REGISTER PENGGUNA GAME ONLINE DALAM PLAYERUNKNOWN’S BATTLEGROUNDS MOBILE (PUBGM)

Pradana, Rhyfke Karno Putri (2019) REGISTER PENGGUNA GAME ONLINE DALAM PLAYERUNKNOWN’S BATTLEGROUNDS MOBILE (PUBGM). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
pendahuluan.pdf

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
bab 1.pdf

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (571kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
lampiran fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada penggunaan game online PUBGM, ada banyak dampak yang dapat
dirasakan sebagai penggunanya, seperti dampak psikologis, dampak kesehatan,
dampak sosial, hingga dampak linguistik. Salah satu dampak linguistik yang
diakibatkan game online PUBGM, yaitu munculnya register yang diakibatkan dari
interaksi pengguna yang tidak homogen. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
Mendeskripsikan bentuk dan makna register yang digunakan oleh para pengguna game
online dalam PUBGM. (2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan
terjadinya penggunaan register para pengguna game online dalam PUBGM. (3)
Mendeskripsikan fungsi register para pengguna game online dalam PUBGM. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif karena datanya
berupa register dari percakapan para pengguna PUBGM yang kemudian
dikembangkan lagi secara deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitiannya adalah register bahasa
yang digunakan oleh para pengguna game online Playerunknown’s Battlegrounds
Mobile (PUBGM). Dari hasil penelitian terdapat kosakata register yang berbentuk kata,
frasa, singkatan dan akronim yg berasal dari bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa
campuran. Serta ditemukan makna register yang mengandung makna selingkungan
terbuka, makna kontekstual, makna istilah, makna idiom dan makna konseptual. Dan
juga terdapat fungsi register yaitu untuk mempermudah interaksi kelompok,
menunjukkan identitas kelompok, menunjukan register kelompok bermain. Dan faktor
terjadinya register yang berasal dari kegiatan bersama atau ketertarikan bersama namun
tidak berkaitan dengan profesi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Dosen Pembimbing I: Drs. Yarno, M.Pd., Pembimbing II: R. Panji Hermoyo., S.Sos., M.Pd
Uncontrolled Keywords: game online; playerunknown’s battlegrounds mobile; register pengguna game
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 1348 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:53
Last Modified: 10 Aug 2023 04:53
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8102

Actions (login required)

View Item
View Item