MAHMUD, M.MUZAYYIN (2019) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AL-ISLAM DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 1 DAN 2 DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (429kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (246kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (282kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (162kB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (449kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN 2_merged (1).pdf
Restricted to Registered users only
Download (520kB)
Abstract
Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Al-Islam Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas XI
MIPA 1 Dan 2 di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Tesis. Surabaya: Universitas
Muhammadiyah Surabaya, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
dan menganalisis secara kritis tentang imlementasi pendekatan saintifik pada mata
pelajaran pendidikan al-islam dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa di
SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menganalisa
bagaimana proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik di SMA
Muhammadiyah 2 Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisa data dilakukan dengan
mereduksi data, menyajikan data, kemudian menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Implementasi pendekatan
saintifik pada mata pelajaran pendidikan al-islam dalam meningkatkan kreativitas
belajar siswa menunjukkan bahwa guru sudah melaksanakan proses pembelajaran
melalui langkah-lagkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik. 2) Hasil
implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran pendidikan al-islam dapat
membuat peserta didik lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran
pendidikan al-islam, rasa ingin tahunya lebih berkembang, aktif, berpusat pada
peserta didik, dan dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi. 3). Faktor
pendukung dan penghambat implementasi pendekatan saintifik ini bahwa pihak
sekolah sangat mendukung, mengamini dengan adanya implementasi pendekatan
saintifik dukungan itu seperti sarana dan prasarana yang sangat memadai,
penghambatnya bahwa potensi peserta didik yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing : (I) Prof. Dr. H.Moch. Tolchah,M.Ag (II) Dian Berkah, M.H.I. |
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik, Pada Pelajaran Al�Islam. Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam |
Depositing User: | Users 1348 not found. |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 06:37 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 06:37 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8144 |