Fachrudin, Fikri (2020) Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Bahasa Indonesia Kelas VIII Semester Genap Karya MGMP Bahasa Indonesia Muhammadiyah Surabaya Tahun Ajaran 2019/2020. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (885kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (116kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (158kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (99kB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (318kB)
Abstract
Pokok bahasan dalam penelitian ini adalah kelayakan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) Bahasa Indonesia kelas VIII semester genap karya MGMP Bahasa
Indonesia Muhammadiyah Surabaya tahun ajaran 2019/2020. Kelayakan tersebut
ditinjau dari empat aspek yakni isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan lembar kerja peserta didik
tersebut berdasarkan empat aspek itu.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini
berasal dari LKPD Bahasa Indonesia kelas VIII semester genap karya MGMP
Bahasa Indonesia Muhammadiyah Surabaya tahun ajaran 2019/2020.
Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Data direduksi, disajikan,
dianalisis dengan menggunakan pelbagai referensi tentang kelayakan lembar kerja
peserta didik lalu disimpulkan.
Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek isi terdapat tiga
komponen yang cukup layak dalam LKPD yakni kegiatan dapat memotivasi
peserta didik, menekankan pada proses kehidupan sehari-hari, dan menyediakan
ruang untuk menuliskan ide. Komponen yang lain bersifat layak. Pada aspek
bahasa terdapat satu komponen yang cukup layak dalam LKPD yakni kesesuaian
kaidah bahasa. Masih terdapat kalimat yang tidak sesuai kaidah. Komponen yang
lain bersifat layak. Pada aspek penyajian terdapat dua komponen yang tidak layak
dalam LKPD yakni kejelasan standar kompetensi lulusan dan memuat pertanyaan
dan simpulan. Komponen yang lain bersifat layak. Pada aspek penyajian terdapat
tujuh komponen yang tidak layak dalam LKPD yakni desain menarik, penyajian
yang menyenangkan, penyajian yang menyenangkan, gambar mendukung konsep
dalam menemukan konsep, gambar membantu memahami, kesesuaian pemilihan
warna gambar, dan kesesuaian pemilihan warna gambar. Komponen yang lain
bersifat layak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing I: Dr. Sujinah, M.Pd., Pembimbing II: Ngatma’in, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | komponen; kelayakan; lembar kerja peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 1348 not found. |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 06:33 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 06:33 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8149 |