PENGARUH KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA

WIDYA, AMKA (2019) PENGARUH KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of PENDAHULUAN]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
PENDAHULUAN.pdf

Download (751kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
PDF (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
PDF (BAB 2)
BAB II.pdf

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
PDF (BAB 3)
BAB III.pdf

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kreativitas guru sangat diperlukan untuk menumbuhkan, meningkatkan
dan mengelola suasana belajar sehingga akan berpengaruh positif pada hasil
belajar siswa. Yang mana untuk hasil belajar dipengaruhi oleh faktor-faktor baik
dari dalam diri siswa itu sendiri maupun dari luar. Penelitian ini bertujuan untuk
melihat sejauh mana pengaruh kreativitas guru pendidikan agama islam terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Islam di SMP Muhammadiyah 10
Surabaya.
Pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, angket dan
dokumentasi dengan jumlah sampel/responden 50 siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 10 Surabaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Dan dari hasil angket
maka data dianalisis dengan menggunakan dua teknik analisa yaitu: pertama
analisa persentase untuk jenis data kualitatif, kedua menggunakan teknik analisa
korelasi dengan menggunakan rumus product moment.
Berdasarkan hasil korelasi dari kedua variabel dengan menggunakan
rumus product moment dengan taraf signifikan 5% hasil korelasinya adalah rhitung
= -0,29 dengan hasil rtabel lebih besar yaitu 0,23 yang berarti hasil yang tidak
signifikan. Dari hasil di atas, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh
kreativitas guru pendidikan agama islam terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Al Islam di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Pembimbing IMoch Charis Hidayat, M.Pd.I. Pembimbing II Shokhibul Arifin, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adhi Dewantara
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:58
Last Modified: 11 Aug 2023 08:58
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8161

Actions (login required)

View Item
View Item