ROMALEE, ANUWAT (2020) MODEL PEMBELAJARAN KARN SON ISLAM DI RONGRIANPRATHOM KANLAYANACHARANGSAN DI THAILAND. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (556kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (201kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (141kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (123kB) | Preview
![BAB 4 [thumbnail of BAB 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (370kB)
![BAB 5 [thumbnail of BAB 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (81kB)
![LAMPIRAN [thumbnail of LAMPIRAN]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (926kB)
Abstract
Pembelajaran dengan sistem Sekolah Islam Terpadu adalah integrasi sistem
Pendidikan pesantren dan madrasah yang efektif untuk mendidik kecerdasan, keterampilan,
pembangunan karakter dan penanaman nilai-nilai moral peserta didik, sehingga anak didik
lebih memiliki kepribadian yang utuh dan khas. SD Kanlayanacharangsan School memiliki visi
untuk menanamkan panji-panji cinta terhadap Al-Qur’an dan menanamkan keteladanan
Rasullullah selain itu Kanlayanacharangsan School juga berperan dalam Proses Buranakran
prathom ton. Proses tersebut tentunya harus melalui berbagai kegiatan pembelajaran dan
berbagai pola tersebut perlu dikembangkan dengan pemberian materi yang meliputi
berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang dipahami maka
dari itu penulis melakukan penelitian mengenai berbagai model pembelajaran yang
diterapkan di SD Kanlayanacharangsan School guna menemukan dan memahami berbagai
proses pengembangan karakter untuk meningkatkan kualitas peserta didik yang
berkepribadian.
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui Model Pembelajaran di
Kanlayanacharangsan School. Data yang diperoleh berupa data kualitatif sedangkan sumber
diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini
adalah peneliti itu sendiri. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi melalui
pengecekan sumber data dan triangulasi metode, data dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan bahwa Tenaga pendidik di SD
Kanlayanacharangsan School dalam pelajaran pendidikan agama Islam menerapkan metode
yang bervariasi sesuai dengan materi pelajaran yang sedang berlangsung. Model
pembelajaran tersebut terdiri dari beberapa strategi pembelajaran diantaranya
pembelajaran kooperatif (cooperatif learning), ekspositori, inkuiri, dan konstektual. Metode
pembelajaran yang digunakan meliputi ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok dan
problem solving.. Penanaman nilai-nilai Al-Qur’an terhadap pengembangan karakter siswa
yang terdapat dalam visi dan misi Kanlayanacharangsan School sejalan dengan tujuan dari
Proses Buranakran prathom ton yang memfokuskan pada pengembangan kepribadian
peserta didik yang bekarakter.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | DOSEN PEMBIMBING : M. Charis Hidayat, M.Pd.I Shokhibul Arifin, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, SD KANLAYACHONRANGSAN, Kooperatif Learning |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Adhi Dewantara |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 09:05 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 09:05 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8162 |