SISWADITAMI, DWI LIANITA (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK TUNAS SEJATI KECAMATAN KENJERAN SURABAYA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
pendahuluan.pdf
Download (938kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (306kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (396kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (509kB) | Preview
![BAB 4 [thumbnail of BAB 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (409kB)
![BAB 5 [thumbnail of BAB 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
![LAMPIRAN [thumbnail of LAMPIRAN]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran
inkuiri dan perkembangan kreativitas anak kelompok B di TK Tunas Sejati
Kecamatan Kenjeran Surabaya. Jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif dengan format deskriptif berupa kata-kata tertulis atau uraian dari orang-
orang dan pelaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data lebih banyak pada
observasi beranalisis serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data
dalam penelitian ini adalah murid kelompok B TK Tunas Sejati Kecamatan Kenjeran
Surabaya dengan jumlah sampel 8 responden. Analisis data dalam penelitian
kualitatif, dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai
pengumpulan data setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu.
Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi penelitian penerapan pembelajaran
inkuiri dalam mengembangkan kreativitas menggunakan media tutup botol dapat
diterapkan dengan baik dan perkembangan kreativitas anak dengan pembelajaran
inkuiri dalam mengembangkan kreativitas menggunakan tutup botol berkembang
sangat baik karena anak bukan hanya dapat membuat bentuk dari tutup botol namun
juga belajar memadukan warna yang tentu saja sesuai dengan imajinasi anak karena
ketertarikan anak untuk mencoba ini, maka perkembangan kreativitas anak dapat
berkembang dengan baik, tentu saja dengan kegiatan yang dilakukan berulang-ulang
juga adanya motivasi dari guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing Drs. Wahono M.Si Tri Kurniawati, S.Gz.M.Kes |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran inkuiri, mengembangkan kreativitas, anak usia dini. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Adhi Dewantara |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 09:40 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 09:40 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8167 |