WINARTI, PUJI (2019) MENUMBUHKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN KOLASE DENGAN KERTAS LIPAT PADA KELOMPOK B TK DANA WARGA KECAMATAN SIMOKERTO SURABAYA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (926kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (290kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (400kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (420kB) | Preview
![BAB 4 [thumbnail of BAB 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (377kB)
![BAB 5 [thumbnail of BAB 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
![LAMPIRAN [thumbnail of LAMPIRAN]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Guru mempunyai peran kunci dan dominan dalam kegiatan proses belajar
mengajar dikatakan demikian karena perwujudan kelas yang menyenangkan dan
kondusif untuk aktifitas belajar anak merupakan hasil dari kegiatan mengajar yang
dilakukan guru berdasarkan pemahaman professional yang dimilikinya. Tujuan
penelitian adalah untuk Mendeskripsikan perkembangan motorik halus dan upaya
guru dalam mengembangkan motorik halus anak usia 2-3 tahun di PPT Permata
Kecamatan Semampir Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif Teknik pengumpulan data dilakukan pada natural setting
(kondisi yang alamiah), sumber data primer, dan teknik pengumpulan data lebih
banyak pada observasi beranalisis serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh murid anak 2-3 tahun di
PPT Permata Kecamatan Semampir Kota Surabaya dengan jumlah siswa 21 anak
sedangkan sampel yang diambil 3 anak yang belum berkembang motorik
halusnya. Berdasarkan observasi data dan hasil penelitian perkembangan motorik
halus anak usia 2-3 tahun di PPT Permata surabaya menunjukkan bahwa sebagian
besar anak didik mulai berkembang dalam perkembangan motorik halusnya
dimana dari 21 anak didik hanya 3 anak yang belum berkembang khususnya
kemampuan anak menggerakkan jemari tangan, menggerakkan pergelangan
tangan dan koordinasi mata dengan tangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing Endah Hendarwati, SE., M.Pd. Wardah Suweleh, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | peran guru, perkembangan motorik halus, anak usia dini. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Adhi Dewantara |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 02:31 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 02:31 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8177 |