SRIDARTIK, SRIDARTIK (2020) MENINGKATKAN KERJASAMA ANAK MELALUI METODE BERMAIN KOOPERATIF PADA KELOMPOK B TK CERIA KIDS SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2019-2020. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (339kB) | Preview
BAB 1.pdf
Download (169kB) | Preview
BAB 2.pdf
Download (346kB) | Preview
BAB 3.pdf
Download (284kB) | Preview
![BAB 4 [thumbnail of BAB 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (710kB)
![BAB 5 [thumbnail of BAB 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
![LAMPIRAN [thumbnail of LAMPIRAN]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (674kB)
Abstract
Kemampuan bekerjasama adalah kemampuan yang sangat penting untuk
dikembangkan oleh anak usia dini. Penelitian dengan judul “Meningkatkan
Kerjasama Anak Melalui Metode Bermain Kooperatif Pada Kelompok B TK
Ceria Kids Surabaya Tahun Pelajaran 2019-2020” ini bertujuan untuk
mengetahui bermain kooperatif dapat meningkatkan kemampuan bekerjasama
anak di TK Ceria Kids Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah penelitin tindakan kelas. Tahapan penelitian
tindakan kelas terdiri dari empat langkah pokok yaitu planning (rencana), action
(tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Teknik
pengunpulan data menggunakan tiga prosedur yaitu observasi, dokumentasi dan
wawancara. Teknik analisa data menggunakan rumus statistik sederhana.
Dalam penelitian ini hasil penelitian berdasarkan pembahasan dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode bermain kooperatif dapat meningkatkan
kemampuan bekerjasama anak pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Ceria
Kids Surabaya. Hal ini dibuktikan oleh hasil observasi peneilitan yang dilakukan
mulai dari pra tindakan, siklus I sampai dengan siklus II. Observasi dan
pengamatan yang sudah dilakukan menunjukan hasil 73,33%, artinya 11 anak dari
15 anak yang kemampuan bekerjasamanya berkembang sesuai harapan dan
sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | DOSEN PEMBIMBING Ratno Abidin, M.Pd. Naili Sa’ida, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | kemampuan kerjasama, bermain kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Adhi Dewantara |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 02:50 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 02:50 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8180 |