Shafwan, Muhammad Hambal and Hadi, M. Fazlurrahman PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME PENGAJAR DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BABAT LAMONGAN. Project Report. Universitas Muhammadiyah Surabaya.
LPD 2021-m hambal shafwan-fazlur.pdf
Download (579kB) | Preview
Abstract
Pengajar atau guru merupakan faktor yang sangat dominan dalam proses pendidikan
dan pengajaran, karena itu seorang guru harus mengerti, memahami dan menghayati
berbagai prinsip pendidikan dan pengajaran serta tahap-tahap perkembangan peserta didik.
Dalam memenuhi tuntutan profesional yang berlandaskan pada TQM, maka dalam hal ini
guru diharapkan memiliki suatu kompetensi tertentu yang dapat mengarah kepada perbaikan
secara terus menerus, menjamin terhadap kualitas pengajaran dan pembelajarannya, dan
kepuasan konsumen pendidikan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana profesionalisme
pengajar di SMA Muhammadiyah 1 Babat – Lamongan. (2).Bagaimana Penerapan Total
Quality Manajemen (TQM) untuk meningkatkan Profesionalisme pengajar di SMA
Muhammadiyah 1 Babat – Lamongan. (3). Apa faktor pendukung dan penghambat
Penerapan Total Quality Manajemen (TQM) untuk meningkatkan profesionalisme pengajar
di SMA Muhammadiyah 1 Babat – Lamongan.
Penulis dalam penelitian ini memilih metode kualitatif desain deskriftif, yaitu
penelitian yang memberi gambaran secara cermat mengenai individu atau kelompok
tertentu tentang keadaan dan gejala yang terjadi. Dan hasil penelitian dan ini menunjukkan
bahwa penerapannya kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan guru dalam
menguasai, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan sudah tergolong baik. Namun
kemampuan guru dalam penguasaan struktur dalam indikator pengetahuan dan
keterampilan yang diajarkan belum bersifat praktis. Dan Kemampuan guru dalam
mengusai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar belum optimal. Materi yang
disampaikan guru sudah sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar.
Dan berdasarkan hasil penelitian ini (1) Kemampuan guru tingkat profesionalime
dalam menguasai materi pembelajaran dapat dilihat saat menyampaikan materi guru
belum optimal. (2) Dalam penerapan TQM masih belum secara maksimal di dalam
pelaksanakan keseharian menejerial SMA Muhammadiyah 1 Babat; (3) Dukungan dan
hambatan dalam menerapkan TQM di SMA Muhammadiyah 1 Babat masih belum optimal
dan komitmen bersama seluruh komponen yang berada di dalam sekolah.
Keyword: Total Quality Managemen, Profesionalisme, Pengajar
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Laporan Penelitian |
Depositing User: | MUHAMMAD HAMBAL HAMBAL |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 03:45 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 03:45 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8286 |