Shafwan, Muhammad Hambal and Mu'ammar, M. Arfan PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA. Project Report. Universitas Muhammadiyah Surabaya.
LPD 2023 m hambal shafwan-arfan.pdf
Download (539kB) | Preview
Abstract
Metode pembelajaran atau sering digunakan istilah strategi belajar mengajar,
senantiasa mengalami dinamika dalam praktik dunia pendidikan. Tidak terkecuali di Negara
Indonesia, dinamika tersebut terjadi dari masa ke masa seiring dengan pemberlakuan
berbagai jenis kurikulum pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan
Bagaimana menerapkan metode Cooperatif Learning dalam pembelajaran Pendidikan
Agama Islam bagi siswa SMP Muhammadiyah 7 Surabaya, 2. Mendeskripsikan kendala
yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam menerapkan model Cooperative Learning,
Mendeskripsikan prestasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui
model Cooperative Learning, 3. Mendeskripsikan prestasi siswa dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam melalui model Cooperative Learning.
Sasaran penelitian ini adalah perumusan metode Cooperative Learning pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan subyek penelitian guru Pendidikan Agama Islam
dan siswa SMP Muhammadiyah 7 Surabaya. Data yang diperoleh dalam penelitian ini
adalah data kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari catatan dari hasil wawancara yang
diperoleh ketika mengobservasi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Analisis data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis
deskriptif.
Penelitian ini diperoleh hasil bahwa : 1) Penerapan metode Cooperative Learning
pada pembelajaran di SMP Muhammadiyah 7 Surabaya sudah dilaksanakan meski terdapat
guru yang sudah melaksanakan dan terdapat guru yang belum melaksanakan. 2). Penerapan
metode Cooperative Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan sejak
tahun 2016, dan telah berjalan selama 3 (tiga) tahun. Penerapan metode Cooperative
Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 7 Surabaya
masih sebagian kecil dari metode yang ada. 3). Prestasi dan tanggapan siswa dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode Cooperative
Learning di SMP Muhammadiyah 7 Surabaya, siswa menyatakan senang dengan
pembelajaran Pendidikan Agama Islam meskipun mereka tidak menunjukkan antusias /
semangat bahkan prestasi belajar siswa rata-rata cukup baik
Keyword: metode pembelajaran, Cooperative Learning, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam |
Depositing User: | MUHAMMAD HAMBAL HAMBAL |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 11:54 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 11:54 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8288 |