Naila, Ishmatun (2023) EVALUASI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS NILAI UNTUK SD/MI. In: IPS Kependidikan Dasar. Nawa Litera Publishing. ISBN 978-623-8059-30-0
Cover - Daftar Isi.pdf
Download (4MB) | Preview
turnitin IPS Naila.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
![Chapter Evaluasi Pembelajaran IPS SD/MI Berbasis Nilai [thumbnail of Chapter Evaluasi Pembelajaran IPS SD/MI Berbasis Nilai]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Chapter Evaluasi Pemb IPS berbasis Nilai_Ishmatun Naila.pdf - Published Version
Download (1MB)
Peer Review IPS.pdf
Download (281kB) | Preview
Abstract
Evaluasi kinerja siswa dalam pembelajaran IPS merupakan kegiatan penting. Ini adalah proses menentukan sejauh mana tujuan pembelajaran IPS telah dicapai oleh siswa. Evaluasi umumnya digunakan untuk tujuan sertifikasi dan penempatan, tetapi memiliki potensi lebih besar digunakan untuk tujuan pembelajaran. Untuk itu, evaluasi harus menjadi proses yang berkesinambungan dan komprehensif. Untuk memulainya, seorang guru IPS harus mengetahui hasil belajar kognitif dan non-kognitif apa yang harus diukur dan alat serta teknik apa yang tersedia untuk tujuan tersebut. Kita juga harus tahu bagaimana menyusun pertanyaan yang baik dan bagaimana menilai kinerja siswa agar evaluasi bisa valid dan reliabel. Semua aspek ini dibahas dalam unit ini secara khusus dengan mengacu pada ilmu sosial. Evaluasi telah menjadi bagian integral dari proses pendidikan, dimana IPS merupakan aspek penting pada tahapan sekolah. Hal ini merupakan tanggung jawab guru IPS untuk melakukan kegiatan evaluasi dan menentukan sejauh mana tujuan pembelajaran IPS dapat dicapai. Dalam mencapai tujuan IPS yang berbeda-beda, berbagai kemampuan, keterampilan, minat, sikap dan karakteristik lain dari siswa dinyatakan, dikembangkan
dan diukur. Dengan demikian, melalui proses evaluasi, seseorang mendapat gambaran yang jelas tentang kemampuan, keterampilan, dan minat masing-masing siswa.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Buku > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ishmatun Naila |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 07:42 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 02:32 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8448 |