Sutanti, Aprilia (2020) Hubungan Antara Berpikir Kritis dan Kreatif Melalui Aplikasi Zoom dengan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 8 Surabaya Tahun Ajaran 2019-2020. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang perlu mengembangkan diri dalam menghadapi hidup di tengah masyarakat. Untuk memahami sesuatu, cara berpikir seseorang dipengaruhi oleh pengetahuan, kemampuan melihat, dan kemampuan menciptakan suatu strategi dalam berpikir. Salah satunya dalam dunia pendidikan. Berdasarkan observasi menunjukkan bahwa pada pembelajaran yang dilakukan guru saat mengajar kurang bervariasi sehingga terkesan monoton dan pertanyaan yang diajukan oleh guru kurang mendalam hanya sebatas ranah kognitif C1 dan C2. Kurangnya penerapan langsung (praktik) saat pembelajaran dan hasil karya yang dibuat oleh siswa kurang berinovasi. Melalui aplikasi zoom siswa juga bisa melakukan pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan berpikir kritis dan kreatif siswa melalui aplikasi Zoom dengan hasil belajar IPA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif jenis korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 8 Surabaya tahun ajaran 2019/2020. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil, yaitu: (1) Adanya hubungan berpikir kritis melalui aplikasi Zoom dengan hasil belajar IPA, karena nilai Sig. < 0,05 (0,008 < 0,05); (2) Adanya hubungan berpikir kreatif melalui aplikasi Zoom dengan hasil belajar IPA, karena nilai Sig. < 0,05 (0,006 < 0,05); (3) Adanya hubungan berpikir kritis dan kreatif melalui aplikasi Zoom dengan hasil belajar IPA karena nilai Sig. < 0,05 (0,009 < 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Meirza Nanda Faradita., S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Deni Adi Putra S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis; Berpikir Kreatif; Aplikasi Zoom; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:26
Last Modified: 17 Jan 2024 03:26
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8629

Actions (login required)

View Item
View Item