Mustakim, Mohammad (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Berbasis Schoology Pada Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Literasi Digital. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (828kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (188kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (334kB) | Preview
Bab III.pdf
Download (493kB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12MB)
Abstract
Perangkat pembelajaran blended learning adalah perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran blended learning berbasis schoology. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan RPP dan LKS pada pelajaran matematika untuk meningkatkan literasi digital. Model pengembangan penelitian ini yaitu model pengembangan 4D yang telah dimodifikasi hanya sampai tahap pengembangan. Penelitian ini dilakukan satu tahap uji coba pada kelas X IPA 1 di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Hasil penelitian kevalidan perangkat pembelajaran blended learning dinilai dari dua validator untuk RPP diperoleh 83,6% dengan kriteria sangat valid dan LKS diperoleh 77,5% dengan kriteria valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran blended learning ditinjau dari observasi pada setiap pertemuan. Hasil dari pertemuan sinkron maya memperoleh kriteria baik untuk keterlaksanaan pembelajaran diperoleh 67,5%, kemampuan kolaborasi diperoleh 76,3%, dan kemampuan komunikasi efektif 77%. Hasil pertemuan asinkron kolaboratif keterlaksanaan pembelajaran diperoleh 75% dengan kriteria baik dan pada pertemuan ini tidak terlaksana kemampuan kolaborasi dan komunikasi efektif. Hasil pertemuan sinkron langsung mempeorleh kriteria baik untuk keterlaksanaan pembelajaran diperoleh 77,2%, kemampuan kolaborasi diperoleh 75%, dan kemampuan komunikasi efektif 70,8%. Efektivitas perangkat pembelajaran blended learning ditinjau dari adanya peningkatan hasil belajar siswa diperoleh skor n-gain 0,76 dengan kriteria tinggi dan respon siswa terhadap pembelajaran diperoleh 68% dengan kriteria baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing 1: Shoffan Shoffa, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Achmad Hidayatullah, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Blended learning; Pengembangan Perangkat; Schoology. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Library Science 1 |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 01:53 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 04:47 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8697 |