FIRDAUS, ANNISA ULIL JANNAHTU (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS 3 MI DALAM MATERI PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL AREA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Pendahuluan.pdf
Download (583kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (207kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (421kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (237kB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (437kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14MB)
Abstract
Persoalan matematika yang sering dihadapi peserta didik kelas 3 MI Darul
Ulum Driyorejo-Gresik adalah kurangnya keterampilan dalam mengoperasikan
aritmatika. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan model area
dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas 3 MI Darul Ulum Mojosarirejo-
Driyorejo-Gresik pada materi perkalian dan untuk mendiskripsikan respon siswa
terhadap pembelajaran yang menggunakan model area dalam materi perkalian
sehingga dihasilkan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua
siklus dan tiap siklus terdiri atas 2 pertemuan yang melalui empat tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini siswa
MI Darul Ulum Mojosarirejo-Driyorejo-Gresik kelas 3. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa terjadi peningkatan dari tes
awal dengan prosentase siklus I 23,6% dan prosentase siklus I dengan siklus II
sebesar 23,5%. Analisis respon siswa pada tabel 4.12 mengenai kegiatan
pembelajaran matematika dengan menggunakan model area, siswa menyatakan
respon positif terhadap proses pembelajaran selama menggunakan model area
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing 1: Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Shoffan Shoffa, S.Pd, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas 3 MI dalam Materi Perkalian dengan Menggunakan Model Area. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pembimbing I: Dra. Chusnal Ainy, M.Pd, Pembimbing II: Shoffan Shoffa, S.Pd, M.P.d. Persoalan matematika yang sering dihadapi peserta didik kelas 3 MI Darul Ulum Driyorejo-Gresik adalah kurangnya keterampilan dalam mengoperasikan aritmatika. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan model area dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas 3 MI Darul Ulum Mojosarirejo- Driyorejo-Gresik pada materi perkalian dan untuk mendiskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model area dalam materi perkalian sehingga dihasilkan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus dan tiap siklus terdiri atas 2 pertemuan yang melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini siswa MI Darul Ulum Mojosarirejo-Driyorejo-Gresik kelas 3. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa terjadi peningkatan dari tes awal dengan prosentase siklus I 23,6% dan prosentase siklus I dengan siklus II sebesar 23,5%. Analisis respon siswa pada tabel 4.12 mengenai kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan model area, siswa menyatakan respon positif terhadap proses pembelajaran selama menggunakan model area. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Library Science 2 |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 02:26 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 02:26 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8701 |