Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Rahmat Surabaya Dalam Memahami Konsep Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Ratnasari, Atika (2016) Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Rahmat Surabaya Dalam Memahami Konsep Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
pendahuluan.pdf

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)

Abstract

ABSTRAK
20121112038 Ratnasari, Atika. 2016. Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Rahmat Surabaya
Dalam Memahami Konsep Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Program Studi Pendidikan
Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Pembimbing I: Dr. Iis. Holisin, M. Pd, Pembimbing II: Shoffan Shoffa, M. Pd.
Pemahaman konsep merupakan salah satu kecakapan matematika yang diharapkan dapat
tercapai dalam belajar matematika. Di SMP Rahmat Surabaya, Pembelajaran Matematika masih
bersifat teacher centre sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam penemuan konsep matematika
itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII SMP
Rahmat Surabaya dalam memahami konsep Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Subjek
penelitian berjumlah 3 siswa yang dipilih berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang
dan rendah. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan
data diperoleh dengan cara melakukan tes tulis dan wawancara sehingga hasil penelitian dapat
mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan tingkat kemampuan matematika
siswa yang berbeda.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diperoleh simpulan bahwa secara
umum kemampuan pemahaman konsep siswa dengan kemampuan matematika tinggi
menunjukkan siswa dapat memenuhi 7 indikator, kemampuan pemahaman konsep siswa dengan
kemampuan matematika sedang menunjukkan siswa dapat memenuhi 3 indikator dan
kemampuan pemahaman konsep siswa dengan kemampuan matematika rendah menunjukkan
siswa hanya dapat memenuhi 2 indikator.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Dr. Iis. Holisin, M.Pd. Dosen pembimbing 2: Shoffan Shoffa, S. Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: eskriptif, kemampuan, pemahaman konsep, Sistem Persamaan Linier Dua Variable.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Library Science 2
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:42
Last Modified: 25 Jan 2024 02:42
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8704

Actions (login required)

View Item
View Item