Badriyah, Badriyah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK AL-IRSYAD SURABAYA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (290kB) | Preview
BAB I .pdf
Download (204kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (296kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (236kB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (560kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (106kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif Spontaneous Group Discussion (SGD) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Al-Irsyad Surabaya. Penelitian ini termasuk pada penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian adalah kelas X F1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X F2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan pada uji t-Test terlihat bahwa nilai t_tabel dengan taraf signifikan kedua kelas tersebut 0,05 adalah 3,97. Dengan nilai kritis t untuk taraf nyata 0,05 dan df =78 adalah 1,67. Karena t_tabel= 1,67 ≤ t_hitung= 3,97, maka H_(0 )ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor tes akhir antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Spontaneous Group Discussion (SGD) berpegaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari adanya perbedaan positif hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa pada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing 1: Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si Dosen Pembimbing 2: Shofan Shoffa, S.Pd., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | odel Pembelajaran Kooperatif Spontaneous Group Discussion (SGD), hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Library Science 2 |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 02:59 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 02:59 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8708 |