EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE REVERSE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP WACHID HASYIM 1 SURABAYA

RAHMAWATI, DIAR (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE REVERSE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP WACHID HASYIM 1 SURABAYA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf

Download (632kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4]
Preview
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of Bab 5]
Preview
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah guru banyak memberikan ceramah tentang
materi sehingga menjadikan siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar, akibatnya
rata-rata hasil belajar siswa kelas VII-A dibawah KKM serta rasa ingin tahu belajar
matematika masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas
pembelajaran matematika dengan model pembelajaran reverse jigsaw pada siswa kelas VII-A
SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian one-shot case study. Subyek penelitian
ini adalah siswa kelas VII-A. Waktu dan tempat penelitian ini pada semester genap tahun
ajaran 2015/206 di SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya. Data yang diperoleh adalah ketuntasan
hasil belajar siswa dengan teknik tes, data aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam
mengelola pembelajaran dikumpulkan dengan teknik observasi, dan data respon siswa
dikumpulkan dengan teknik angket. Data tersebut dianalisis secara deskriptif dengan teknik
persentase, rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran reverse
jigsaw efektif dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII-A di SMP Wachid
Hasyim 1 Surabaya. Hal ini ditunjukkan sebagai berikut (1) ketuntasan hasil belajar siswa
menunjukkan 86,11% dari seluruh siswa telah mencapai KKM atau ketuntasan secara
individu (2) tujuh dari delapan aktivitas siswa dalam rentang waktu ideal; (3) kemampuan
guru dalam mengelola pembelajaran dilakukan dengan sangat baik dengan rata-rata mencapai
3,4; (4) respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran reverse
jigsaw positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1:Dr. Iis Holisin, M.Pd Dosen Pembimbing 2:Febriana Kristanti, S.Si, M.Si
Uncontrolled Keywords: efektivitas pembelajaran, one-shot case study, reverse jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Library Science 2
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:19
Last Modified: 25 Jan 2024 03:19
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8716

Actions (login required)

View Item
View Item