EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN METODE THE STUDY GROUP PADA SISWA KELAS VIII-A DI SMP MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA

AMALA, DINA NUR (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN GENERATIVE LEARNING DENGAN METODE THE STUDY GROUP PADA SISWA KELAS VIII-A DI SMP MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I PENDAHULUAN (1-4).pdf

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA (5-22).pdf

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN (23-38).pdf

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV HASIL PENELITIAN (39-60)..pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V SIMPULAN DAN SARAN (61-62).pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran
matematika melalui pendekatan generative learning dengan metode the study
group pada siswa kelas VIII-A di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 10 Surabaya yang
berjumlah 23 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif
kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes tulis, lembar observasi
aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
Keefektifan aktivitas siswa tercapai karena tujuh dari delapan aktivitas siswa
dalam rentang waktu ideal; (2) Keefektifan kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran tercapai dengan baik; (3) Ketuntasan hasil belajar siswa
menunjukkan 70% dari seluruh siswa telah mencapai KKM atau ketuntasan secara
individu; dan (4) Respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan respon
positif. Sehingga, pendekatan generative learning dengan metode the study group
efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII-A di
SMP Muhammadiyah 10 Surabaya

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1:Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si Dosen Pembimbing 2:Febriana Kristanti, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendekatan generative learning, Metode the study group
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Library Science 2
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:35
Last Modified: 25 Jan 2024 03:35
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8723

Actions (login required)

View Item
View Item