Asyiyah, Dewi (2019) Penanaman Nilai-nilai Keislaman pada materi Peluang melalui pendekatan Teaching Mathematics for Social Justice (TMSJ). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (674kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (202kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (359kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (255kB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (308kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah sering kali siswa menganggap bahwa pembelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit, sehingga siswa ketika pembelajaran matematika mereka merasa tidak tertarik. Salah satu cara untuk membuat siswa tertarik adalah mengkontribusikan permasalahan Social Justice kedalam pembelajaran matetematika, dengan menanamkan nilai-nilai keislaman dan juga mengkaitkan kejadian pada kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa, aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan pendekatan TMSJ , Respon Siswa serta penanaman nilai keislaman pada siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Teaching Mathematics for Social Justice (TMSJ) pada materi peluang dengan mengkombinasikan fase-fase kooperatif learning. Penelitian ini dilaksanakan di MTs YATABU surabaya dan kelas VIII-A sebagai subjek penelitian .
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa 68 telah tuntas belajar dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa sebesar 75,08%. Aktivitas yang dominan muncul seketika pembelajaran dengan pendekatan Teaching Mathematics for Social Justice yakni menuliskan informasi yang didapat sebesar 30,70%. Selanjutnya, respon siswa 92% siswa lebih memahami materi peluang dengan menggunakan pendekatan Teaching Mathematics for Social Justice (TMSJ).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing 1: Febriana Kristanti, S.Si., M.S.Si. Dosen Pembimbing 2: Sandha Soemantri, S.Pd, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan,Pendekatan Teaching Mathematics for Social Justice (TMSJ), Pembelajaran Kooperatif, Strategi Keislaman. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Library Science 1 |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 03:46 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 04:51 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8725 |