Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Pada Sub Pokok Bangun Datar Kelas VII-C SMP Wachid Hasyim Pusat Surabaya

Erik, Erik (2016) Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Pada Sub Pokok Bangun Datar Kelas VII-C SMP Wachid Hasyim Pusat Surabaya. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (649kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Matematika dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit. Hasil observasi
siswa cenderung tidak menyukai matematika dikarenakan materi yang
disampaikan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari sehingga sulit dipahami.
Untuk mengurangi tingkat kesulitan keabstrakan siswa terhadap pelajaran
matematika, salah satu pendekatan RME ini untuk mengurangi kesulitan tersebut.
Melalui Penerapan RME diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir
kreatif, peningkatan aktivitas siswa, peningkatan respon siswa dan tingkat
ketuntasan belajar pada siswa kelas VII-C SMP Wachid Hasyim Pusat Surabaya.
Hasil Respon siswa terhadap pendekatan RME memberi respon sangat positif.
Peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa meningkat dengan tingkat sangat
kreatif 0%, tingkat kreatif mengalami peningkatan sebanyak 19,45%, yang
mengalami penurunan terhadap cukup kreatif sebanyak 11,11% sedangkan yang
mengalami tingkat tidak kreatif mengalami penurunan sebanyak 8,34%.
Peningkatan tingkat ketuntasan belajar siswa terhadap pembelajaran dengan
pendekatan RME dari persentase ketuntasan adalah 13,89%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1:Dr. Iis Holisin, M.Pd. Dosen Pembimbing 2:Shoffan Shoffa, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kreatif dan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Library Science 2
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:06
Last Modified: 25 Jan 2024 04:39
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8731

Actions (login required)

View Item
View Item