Fauzia, Faiz Azmi (2019) Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Surabaya. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB) | Preview
BAB 1.pdf
Download (199kB) | Preview
BAB 2.pdf
Download (414kB) | Preview
BAB 3.pdf
Download (344kB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (401kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (183kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Abstract
Keberhasilan proses pembelajaran tercermin pada peningkatan hasil belajar siswa. Untuk mencapai hasil belajar, dibutuhkan peranan yang aktif dari seluruh komponen pendidikan terutama siswa berperan sebagai input sekaligus output, serta guru sebagai fasilitator. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan agar pembelajaran menjadi efektif, efisien dan tidak melenceng dari kompetensi yang akan dicapai. Banyaknya siswa yang masih memiliki masalah dalam pemahaman matematika, karena bahan ajar kurang menarik sehingga tidak hanya sulit memahami akan tetapi juga tidak serius dalam proses pembelajaran matematika. Penggunaan media Scrapbook dapat menciptakan pembelajaran lebih menarik dan berkesan bagi siswa sehingga pembelajaran yang diterima lebih lama diingat. Penelitian ini akan menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran yang kredible dan menarik. Pada penelitian ini dengan media pembelajaran berupa ScrapBook Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yakni Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop) dan Penyebaran (Disseminate). Penilaian keefektifitasan siswa dilihat dari tes hasil belajar yang dilakukan pada tes uji terbatas dengan menggunakan media Scrapbook berbasis problem Based Learning pada kelas VIII A SMP Muhammadiyah 9 Surabaya diperoleh 80% termasuk dalam kriteria baik. Sedangkan hasil uji coba lapangan terhadap siswa kelas VIII B memiliki total ketuntasan 88% termasuk dalam kriteria baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing 1: Dra. Chusnal Ainy M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Achmad Hidayatullah M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Matematika, Problem Based Learning, ScrapBook |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Library Science 1 |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 04:42 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 04:44 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8743 |