PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII D MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DENGAN LKS SMALL STEPS DI SMP RADEN RAHMAT BALONGBENDO

Putri, Aderia Wulansuci (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII D MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DENGAN LKS SMALL STEPS DI SMP RADEN RAHMAT BALONGBENDO. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
01 PENDAHULUAN.pdf

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang diterapkan di setiap
sendi kehidupan. Upaya peningkatan pendidikan matematika di Indonesia terus
dilakukan. Informasi yang diperoleh dari guru matematika kelas VIII D SMP
Raden Rahmat Balongbendo menyatakan bahwa ketuntasan belajar siswanya
hanya mencapai 41,18%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar matematika siswa melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share dengan
LKS Small Steps.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data yang
dikumpulkan oleh peneliti adalah kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran, aktivitas, respon, dan hasil belajar kognitif siswa. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas VIII D SMP Raden Rahmat Balongbendo Sidoarjo tahun
ajaran 2016/2017. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data
diantaranya: metode observasi, metode tes dan metode angket.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar
matematika setelah diterapkannya model pembelajaran Think-Pair-Share dengan
LKS Small Steps. Banyaknya siswa yang tuntas meningkat dari 41,18% menjadi
85,29%. Peningkatan aktivitas siswa aspek afektif mencapai 52,93%, dan aktivitas
siswa aspek psikomotor mencapai 61,76%. Respon siswa terhadap model
pembelajaran Think-Pair-Share dengan LKS Small Steps positif. Hal ini dapat
menjadi motivasi bagi guru guna menerapkannya dalam pembelajaran matematika
pada materi yang lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Dosen Pembimbing I: Dr. Iis Holisin, M.Pd Dosen Pembimbing II: Wudjud S.D., M.Pd
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; lks small steps; matematika; think-pair-share
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Library Science 2
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:48
Last Modified: 25 Jan 2024 07:48
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8758

Actions (login required)

View Item
View Item