PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Rifki, Amirul (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (694kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)

Abstract

ABSTRAK
Rifki, Amirul. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis
Discovery Learning Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pembimbing I: Dra. Chusnal
Ainy, M.Pd., Pembimbing II: Febriana Kristanti, S.Si., M.Si.
Belajar penemuan menuntut siswa untuk berpikir kreatif agar menemukan
sendiri sesuatu yang harus dipelajari. Pengembangan bahan ajar yang tepat dapat
melatih kreativitas siswa. Kreativitas siswa perlu dilatih agar proses belajar menjadi
bermakna dan berarti. Untuk membantu siswa lebih mudah memahami materi salah
satunya dengan Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis
Discovery Learning.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, penelitian yang dilakukan
meliputi tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan. Langkah-
langkah pengembangan yang ditempuh yaitu pengumpulan data dan informasi, desain
produk, validasi produk, revisi produk, simulasi, revisi produk dan uji coba produk.
Berdasarkan penilaian validator ahli, LKS berbasis Discovery Learning
dinyatakan valid dengan rata-rata 3,69. Untuk kefektifan LKS (Lembar Kerja Siswa)
dinyatakan efektif karena ketuntasan klasikal yang diperoleh berada dalam kriteria baik.
Keterlaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa diperoleh rata-rata pertemuan
pertama sebesar 2,70 dan pertemuan kedua sebesar 2,73 dalam kriteria sangat baik.
Respon siswa terhadap (LKS) Lembar Kerja Siswa diperoleh 80,60% yang memenuhi
kriteria “Sangat Kuat”.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Pembimbing I: Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. Pembimbing II:Febriana Kristanti, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: LKS, Discovery Learning, Kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Library Science 2
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:57
Last Modified: 25 Jan 2024 07:57
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8759

Actions (login required)

View Item
View Item