IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GAPIT PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH 4 SIDAYU

Royhanah, Atikah Nur (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GAPIT PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH 4 SIDAYU. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (559kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model
pembelajaran Problem Based Learning dengan Media GAPIT pada materi Garis
Singgung Lingkaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs
Muhammadiyah 4 Sidayu.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research) yang dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas.
Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi
tindakan yang diberikan.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
lembar observasi aktivitas siswa, tes pada setiap akhir siklus dan angket respon
siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Media
GAPIT pada materi Garis Singgung Lingkaran dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 4 Sidayu. Terlihat dari nilai
ketuntasan belajar siswa pada nilai UTS ke siklus I sebanyak 70,83% siswa yang
tuntas belajar dan dari data nilai siklus I ke siklus II meningkat menjadi 87,5%
siswa yang tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Dosen Pembimbing I: Dra. Chusnal Ainy, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Himmatul Mursyidah, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: GAPIT, PBL (Problem Based Learning), prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Library Science 2
Date Deposited: 25 Jan 2024 08:09
Last Modified: 25 Jan 2024 08:09
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8761

Actions (login required)

View Item
View Item