PENERAPAN MEDIA KARTU DOMINO (KADO) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 7 PANTENAN PANCENG GRESIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Amaliyah, Evi (2017) PENERAPAN MEDIA KARTU DOMINO (KADO) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 7 PANTENAN PANCENG GRESIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (596kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3]
Preview
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

MTs Muhammadiyah 7 Pantenan menentukan nilai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) sebesar 65 untuk mata pelajaran matematika. Saat ini nilai
matematika pada beberapa siswa masih belum mencapai KKM. Salah satu faktor
yang mempengaruhi yaitu kurangnya media dalam kegiatan pembelajaran.
Sehingga penguasaan materi pada bidang studi matematika masih rendah.
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek
penelitian yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini
dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri 2 kali pertemuan yang
dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs
Muhammadiyah 7 Pantenan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan
menggunakan teknik tes, observasi dan angket.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa penggunaan media KADO dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 7
Pantenan. Terlihat dari data sebelum diberi tindakan sebanyak 42,86% siswa
tuntas, setelah diberi tindakan pada siklus I sebanyak 61,91% siswa tuntas. Siswa
tuntas pada siklus II meningkat menjadi 90,48%. Data aktivitas siswa
menunjukkan kategori aktif terlihat dari banyaknya siswa yang bertanya kepada
guru jika ada kesulitan dan siswa saling bekerjasama dalam diskusi kelompok.
Respon siswa dalam penelitian ini termasuk kategori baik terlihat dari 95,24%
siswa yang merespon senang terhadap penerapan media KADO.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Dosen Pembimbing I: Dr. Iis Holisin, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Shoffan Shoffa, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Media KADO.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Library Science 2
Date Deposited: 25 Jan 2024 08:48
Last Modified: 25 Jan 2024 08:48
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8771

Actions (login required)

View Item
View Item