Wijayanti, Ficky Arum (2017) PENGARUH MEDIA GASILING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 16 SURABAYA. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (657kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (184kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (622kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (356kB) | Preview
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (787kB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (211kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan dari media gasiling dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 16 Surabaya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini menggunakan media gasiling dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini diuji cobakan pada siswa kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Penelitian ini termasuk pada penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan uji t satu pihak, diperoleh posttest 1 dengan t_tabel = 2,00172 ≤ t_hitung 4,511 dan posttest 2 dengan t_tabel = 2,00172 ≤ t_hitung 4,109 maka H_1 diterima sehingga didapatkan hasil bahwa rata-rata skor tes akhir pada kelompok kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata skor tes akhir pada kelompok kelas kontrol. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media gasiling dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari adanya perbedaan positif hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa pada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing I: Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si Dosen Pembimbing II: Endang Suprapti, S.Pd, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | media gasiling, model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division), hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Library Science 2 |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 08:54 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 08:54 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8772 |