Metode Pembelajaran Berbasis 3R (Reuse, Reduce, Recycle) Dalam Upaya Memperdayakan Kreativitas Anak Usia Dini

Ratno Abidin, Ratno and Sumriyeh, Sumriyeh and ASY’ARI, ASY’ARI (2022) Metode Pembelajaran Berbasis 3R (Reuse, Reduce, Recycle) Dalam Upaya Memperdayakan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Peltia PAUD, Prodi PAUD, 6 (2). pp. 221-231. ISSN 2548-6284, 2615-0360

[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
Artikel Metode Pembelajaran Berbasis 3R (Reuse, Reduce, Recycle).pdf

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Hasil Cek Plagiasi Artikel Metode Pembelajaran Berbasis 3R.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran berbasis 3R (reuse, reduce,
recycle) sebagai upaya memperdayakan Kreativitas Anak Usia Dini TK PGRI 8 Wonorejo Sumbermanjing
Malang. Terbentuknya kreativitas tentunya sangat dipengaruhi oleh lingkungan belajar anak. Setiap individu
anak usia dini memiliki potensi yang sangat unik. Salah satu keunikan individu anak tersebut adalah
perkembangan perkembangan kreativitas anak.. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan koalitatif deskriptif. Dengan teknik penumpulan data secara observasi, wawancara, dokumentasi
dan audio visual. Analisis data yang digunakan secara deskriptif seperti reduksi data, display data, verifikasi
data. Kemudian dilkukan keabsahan data dengan teknik Triangulasi. Hasil penelitian dapat disimpuljan bahwa
metode pembelajaran berbasis 3R (reduce, reuse, recycle) berdampak pada peningkatan kreativitas anak usia
dini yaitu dengan memanfaatkan sampah anorganik secara inovatif sebagai menyediakan media pembelajaran
dengan tujuan mengembangkan kreativitas anak sejak dini. Karena kreativitas anak itu tumbuh dipengaruhi oleh
metode pembelajaran melalui pendekatan 3R. Kemudian lingkungan belajar yang telah disiapkan oleh guru
dengan bahan-bahan yang berupa bahan mentah habis pakai (sampah anorganik) diolah dan dimodifikasi
sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran dengan membuat permainan edukatif sederhana berbahan bekas
atau sampah sampah anorganik. Maka dengan Metode pembelajaran berbasis 3R (reduce, reuse, recycle) yang
diimplementasikan oleh guru diperlukan sebagai sumber pengetahuan, ketrampilan baru sekaligus dalam
pengembangan nalar dan kreativitas anak usia dini.
Kata kunci: metode pembelajaran, 3R (reuse, reduce, recycle), kreativitas usia dini

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: RATNO ABIDIN ABIDIN
Date Deposited: 30 May 2024 02:04
Last Modified: 30 May 2024 02:04
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9364

Actions (login required)

View Item
View Item