Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Kertosari Kutorejo Mojokerto

Supianing, Supianing and Ridlwan, Muhammad and Ratno Abidin, Ratno (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Kertosari Kutorejo Mojokerto. Proceedings Conferebce Of Elementary Studies (CES). pp. 720-738. ISSN 2962-7656

[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
Artikel Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri.pdf

Download (879kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Hasil Cek Plagiasi Artikel Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
kemampuan keaksaraan awal anak yang diajar sebelum menggunakan Model
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan setelah menggunakan ModelPembelajaran
Inkuiri Terbimbing pada kelompok B TK Dharma Wanita Kertosari Kutorejo
Mojokerto (2) mendeskripsikan interaksiModelPembelajaran Inkuiri Terbimbing
terhadap kemampuan keaksaraan awal pada kelompok B TK Dharma Wanita
KertosariKutorejo Mojokerto.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan jenis komparatif dan eksperimental. Desain eksperimen kuasi time series
one-group Pre-Test-Post-Test dengan obyek penelitian pada kelompok B TK
Dharma Wanita Kertosari Kutorejo Mojokerto sebanyak20 anakyang terdiri dari
10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan
wawancara dan tes menggunakan media WhatsApp. Analisis data
menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu
pengujian ANOVA yang didasarkan pada pengamatan dua kriteria. Dari hasil
analisis disimpulkan: 1) Terdapat Perbedaan kemampuan keaksaraan awal anak
yang diajar sebelum menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan
setelah menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada kelompok
B TK Dharma Wanita KertosariKutorejo Mojokerto; 2) Terdapat InteraksiModel
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan keaksaraan awal pada
kelompok B TK Dharma Wanita Kertosari Kutorejo Mojokerto.
Kata kunci:inkuiri terbimbing, kemampuan keaksaraan awal

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: RATNO ABIDIN ABIDIN
Date Deposited: 30 May 2024 02:08
Last Modified: 30 May 2024 02:08
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9366

Actions (login required)

View Item
View Item