Penerapan Pembelajaran Dengan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Berfikir Tingkat Tinggi Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Kepuharum Kutorejo Mojokerto

Samiati, Samiati and Ridlwan, Muhammad and Ratno Abidin, Ratno (2023) Penerapan Pembelajaran Dengan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Berfikir Tingkat Tinggi Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Kepuharum Kutorejo Mojokerto. Proceedings Conferebce Of Elementary Studies (CES). pp. 652-669. ISSN 2962-7656

[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
Artikel Penerapan Pembelajaran Dengan Metode Tanya Jawab.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Hasil Cek Plagiasi Artikel Penerapan Pembelajaran Dengan Metode Tanya Jawab.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
keterampilan berfikir tingkat tinggi anak yang diajar sebelum menggunakan
pembelajaran dengan metode tanya jawab dan setelah menggunakan pembelajaran
dengan metode tanya jawab pada kelompok B TK Dharma Wanita Kepuharum
Kutorejo Mojokerto (2) mendeskripsikan interaksi pembelajaran dengan metode
tanya jawab terhadap keterampilan berfikir tingkat tinggi pada kelompok B TK
Dharma Wanita Kepuharum Kutorejo Mojokerto. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif dan eksperimental. Desain
eksperimen kuasitime series one-group Pre-Test-Post-Test denganobyek penelitian
pada kelompok B TK Dharma Wanita Kepuharum Kutorejo Mojokerto sebanyak
19 anak yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Pengumpulan
data menggunakan wawancara dan tes menggunakan media WhatsApp. Analisis
data menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu
pengujian ANOVA yang didasarkan pada pengamatan dua kriteria. Dari hasil
analisis disimpulkan: 1) Terdapat Perbedaan keterampilan berfikir tingkat tinggi
anak yang diajar sebelummenggunakan pembelajaran dengan metode tanya jawab
dan setelah menggunakan pembelajaran dengan metode tanya jawab pada
kelompok B TK Dharma Wanita Kepuharum Kutorejo Mojokerto; 2) Terdapat
Interaksi pembelajaran dengan metode tanya jawab terhadap keterampilan
berfikir tingkat tinggi pada kelompok B TK Dharma Wanita KepuharumKutorejo
Mojokerto
Kata kunci:metode tanya jawab, keterampilan berfikir tingkat tinggi

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: RATNO ABIDIN ABIDIN
Date Deposited: 30 May 2024 02:35
Last Modified: 30 May 2024 02:35
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9372

Actions (login required)

View Item
View Item