Penerapan Pembelajaran Model Example Non-Example Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Pada Kelompok B TK Bustanul Hasanah Windurejo Kitorejo Mojokerto

Maslukhah, Maslukhah and Ridlwan, Muhammad and Ratno Abidin, Ratno (2023) Penerapan Pembelajaran Model Example Non-Example Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Pada Kelompok B TK Bustanul Hasanah Windurejo Kitorejo Mojokerto. Proceedings Conferebce Of Elementary Studies (CES). pp. 419-439. ISSN 2962-7656

[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
Artikel Penerapan Pembelajaran Model Example Non-Example.pdf

Download (965kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Hasil Cek Plagiasi Artikel Penerapan Pembelajaran Model Example Non-Example.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan
kemampuan menulis permulaan anak yang diajar sebelum menggunakan
pembalajaran model example non-example dan setelah menggunakan pembalajaran
model example non-example pada kelompok B TK Bustanul Hasanah Windurejo
Kutorejo Mojokerto (2) mendeskripsikan interaksi pembalajaran model example
non-example terhadap kemampuan menulis permulaan pada kelompok B TK
Bustanul Hasanah Windurejo Kutorejo Mojokerto. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif dan eksperimental. Desain
eksperimen kuasitime series one-group Pre-Test-Post-Test denganobyek penelitian
pada kelompok B TK BustanulHasanah Windurejo Kutorejo Mojokerto sebanyak
18 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Pengumpulan
data menggunakan wawancara dan tes menggunakan media WhatsApp. Analisis
data menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu
pengujian ANOVA yang didasarkan pada pengamatan dua kriteria. Dari hasil
analisis disimpulkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan menulis permulaan anak
yang diajar sebelum menggunakan pembalajaran model example non-example
dan setelah menggunakan pembalajaran model example non-example pada
kelompok B TK Bustanul Hasanah Windurejo Kutorejo Mojokerto; 2) Terdapat
Interaksi pembalajaran model example non-example terhadap kemampuan
menulis permulaan pada kelompok B TK Bustanul Hasanah Windurejo Kutorejo
Mojokerto
Kata kunci: example non-example, kemampuan menulis permulaan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Prosiding > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: RATNO ABIDIN ABIDIN
Date Deposited: 30 May 2024 02:36
Last Modified: 30 May 2024 02:36
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9373

Actions (login required)

View Item
View Item