AM, Andi Nurul Aisyah (2024) Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kolaborasi Peserta Didik Kelas X 2 SMA Muhammadiyah 7 Surabaya Melalui Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PENDAHULUAN.pdf
Download (609kB) | Preview
BAB 1_Watermark .pdf
Download (315kB) | Preview
BAB 2_Watermark.pdf
Download (408kB) | Preview
![Bab 3 [thumbnail of Bab 3]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB 3_Watermark.pdf
Restricted to Registered users only
Download (454kB)
![Bab 4 [thumbnail of Bab 4]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB 4_Watermark.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![Bab 5 [thumbnail of Bab 5]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
BAB 5_Watermark.pdf
Restricted to Registered users only
Download (206kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan
berpikir kreatif peserta didik setelah penerapan model Creative Problem Solving (CPS); 2) mendeskripsikan kemampuan kolaborasi peserta didik setelah penerapan model Creative Problem Solving (CPS); 3) Mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran pembelajaran model Creative Problem Solving (CPS); 4) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS). Jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent (Pre test and Post test) Control-Group Design. Sampel penelitian yaitu kelas X2 dan X3 SMA Muhammadiyah 7
Surabaya berdasarkan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, teknik lembar observasi dan lembar angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan statistik menggunakan Ujit. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) Ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah penerapan model Creative Problem Solving (CPS) pada materi ekosistem dengan nilai N-Gain 0,73 dalam kategori “tinggi”; (2) Ada perbedaan kemampuan kolaborasi setelah penerapan model Creative Problem Solving pada materi ekosistem ditunjukkan dengan nilai rerata persentase pada pertemuan pertama 69% dan pertemuan kedua 76% kategori baik; (3) pembelajaran model Creative problem Solving (CPS) terlaksana dengan modus kategori sangat baik; (4) Penerapan model Creative Problem Solving (CPS) mendapat respon sangat baik dengan persentase sebesar 100%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Moch. Adi Candra |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 06:39 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 06:45 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9437 |