Penerapan Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Pemahaman Konsep Siswa Sma Pada Materi Sistem Koordinasi Manusia

Fadhilah, Septina Nur (2023) Penerapan Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Pemahaman Konsep Siswa Sma Pada Materi Sistem Koordinasi Manusia. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[thumbnail of Pendahuluan]
Preview
PDF (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I_Watermark.pdf

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2]
Preview
PDF (Bab 2)
BAB II_Watermark.pdf

Download (769kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III_Watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV_Watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V_Watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peningkatan literasi sains siswa setelah penerapan model POGIL; (2) Mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa setelah penerapan model POGIL; (3) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model POGIL untuk meningkatkan literasi sains dan pemahaman konsep siswa; (4) Mengetahui respon siswa terhadap model POGIL untuk meningkatkan literasi sains dan pemahaman konsep pada materi sistem koordinasi manusia Jenis penelitian Pre-Experiment dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI MIA 1 dan MIA 2 SMA Muhammadiyah Surabaya berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, teknik observasi, dan teknik angket. Instrumen penelitian berupa soal tes, lembar observasi dan lembar angket. Analisis data dilakukan secara
deskriptif dan statistic menggunakan uji N-Gain dan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) model POGIL dapat meningkatkan literasi sains materi sistem koordinasi manusia dengan nilai N-Gain sebesar 0,48 pada kelas XI MIA 1 dan kelas XI MIA 2 sebesar 0,62 dengan kategori “sedang”. (2) model POGIL dapat meningkatkan pemahaman konsep materi sistem koordinasi manusia dengan nilai NGain sebesar 0,51 pada kelas XI MIA 1 dan kelas XI MIA 2 sebesar 0,67 dengan kategori “sedang” (3) Pembelajaran model POGIL terlaksana 100% dengan modus kategori sangat baik. (4) 98,9% siswa
kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 SMA Muhammadiyah Surabaya menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran menggunakan
model POGIL.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Literasi sains, Pemahaman konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Moch. Adi Candra
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:55
Last Modified: 02 Aug 2024 02:55
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9459

Actions (login required)

View Item
View Item