PENERAPAN MODEL (VISUAL, AUDITORY DAN KINESTETIK) VAK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Rahayu, Damar Putri and Putra, Deni Adi and Mirnawati, Lilik Binti PENERAPAN MODEL (VISUAL, AUDITORY DAN KINESTETIK) VAK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6 (1). pp. 48-60. ISSN P-ISSN: 2620-5807; E-ISSN: 2620-7184

[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
841-2345-1-PB.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of Plagiasi]
Preview
PDF (Plagiasi)
841-2345-1-PB (1).pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran model kooperatif
learning visual auditory kinestetik yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika materi
bangun ruang di sekolah dasar, dan 2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika
materi bangun ruang setelah diterapkan model Visual auditory kinestetik. Penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki karakteristik dan seting tempat, waktu, dan subjek penelitian.
Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini akan dilaksanakan di kelas 5 SD I Roudlatul Jannah . SD I Roudlatul
Jannah beralamat di Dusun gading RT04/RW06. Dengan jumlah siswa kelas 5 sebanyak 16 orang.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan desain model spiral dari Kemmis dan Taggart. Yang
terdiri dari 2 siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari 3 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap implementasi
dan observasi, dan tahap refleksi. Pada tahap prasiklus diketahui nilai ulangan harian siswa 60% siswa
nilainya masih dibawah KKM <75. Setelah menerapkan model pembelajaran VAK di siklus 1 diketahui
bahwa prosentase keberhasilan belajar sebesar 62,5% berkategori cukup dapat disimpulkan bahwa
tindakan selama siklus I belum berhasil dan akan dilakukan perbaikan di siklus 2. Berdasarkan hasil
penelitian pada siklus II Nilai prosentase ketuntasan belajar siswa siklus II yaitu 93,75% menunjukkan
kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan Pembelajaran
dengan model VAK dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dikatakan sangat
signifikan. Pada tahap siklus I 62,5% dan pada siklus II juga mengalami peningkatan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model VAK, Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: DENI ADI PUTRA
Date Deposited: 11 Mar 2025 02:04
Last Modified: 11 Mar 2025 02:04
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9877

Actions (login required)

View Item
View Item