Analisis Metode Reading Aloud Dalam Pembelajaran Literasi Siswa Sekolah Dasar

Agil Arianti, Farida and Martati, Badruli and adi putra, Deni Analisis Metode Reading Aloud Dalam Pembelajaran Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, VI (2). pp. 142-151. ISSN E-ISSN: 2684-9917

[thumbnail of Artikel]
Preview
PDF (Artikel)
2101-Article Text-6591-1-10-20230828.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of Plagiasi]
Preview
PDF (Plagiasi)
2101-Article_Text-6591-1-10-20230828.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran penerapan metode reading
aloud dikelas II Al – Barii’ pada pembelajaran literasi di SD Muhammadiyah 8 Surabaya.
Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan data berdasarkan hasil wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk penelitian ini menggunakan analisis
data miles dan huber, yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini akan memperlihatkan bagaimana penerapan metode reading aloud dan
juga mengetahui hasil pembelajaran literasi siswa. Dapat diambil kesimpulan bahwa dari
penerapan metode reading aloud ini dapat memberikan pengaruh terhadap pembelajaran
literasi siswa kelas II Al – Barii’ SD Muhammadiyah 8 Surabaya. Pembelajaran literasi anak
dengan kegiatan read aloud berdampak baik atau positif. Tidak ada siswa yang tidak menyukai
kegiatan tersebut. Semua siswa menyukai membaca cerita dengan suara lantang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kelas Awal Sekolah Dasar, Metode Reading Aloud, Pembelajaran Literasi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: DENI ADI PUTRA
Date Deposited: 11 Mar 2025 02:17
Last Modified: 11 Mar 2025 02:17
URI: https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9882

Actions (login required)

View Item
View Item