UMSurabaya Repository

PENGARUH METODE HYPNOTEACHING DALAM KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS XI AK SMK WACHID HASYIM SURABAYA TAHUN AJARAN 2012/2013

Arif Bintara, Alfian and Dr. Sujinah, M.Pd. and Drs. Yarno, M.Pd (2013) PENGARUH METODE HYPNOTEACHING DALAM KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS XI AK SMK WACHID HASYIM SURABAYA TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (676kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Menyadari dan memperhatikan menulis merupakan suatu bentuk kemampuan berbahasa yang paling akhir dikuasai pelajar bahasa setelah kemampuan menyimak, berbicara, dan membaca dibanding ketiga kemampuan berbahasa yang lain, kemampuan menulis lebih sulit dikuasai bahkan oleh penutur asli bahasa yang bersangkutan sekalipun. Hal itu disebabkan kemampuan menulis menghendaki penguasaan berbagai unsur kebahasaan dan unsur di luar bahasa itu sendiri yang akan menjadi isi karangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode hypnoteaching dalam kemampuan menulis karangan deskripsi peserta didik kelas XI Ak SMK Wachid Hasyim Surabaya tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan Control Group Pretest Posttest Design. subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI Ak SMK Wachid Hasyim Surabaya tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri atas dua kelas yaitu kelas eksperimen (XI Ak1) dan kelas kontrol (XI Ak2). Masing-masing kelas berjumlah 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes karangan deskripsi dan kuesioner. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menghitung skor rata-rata hasil tes dan perhitungan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan rata-rata posttest menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen sebesar 88,88 dan telah mencapai kriteria ketuntasan minimal daripada kelas kontrol yang mendapatkan skor rata-rata sebesar 63,88 dan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Sedangkan hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikansi 5% di kelas eksperimen menunjukkan bahwa thitung (4,89) > ttabel (2,02). Untuk kelas kontrol perhitungan uji-t yang diperoleh thitung (1,09) < ttabel (2,02). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis karangan deskripsi yang signifikan antara kelas eksperimen yang menerapkan metode hypnoteaching dan kelas kontrol yang menerapkan metode ceramah. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode hypnoteaching memiliki pengaruh dalam kemampuan menulis karangan deskripsi pada peserta didik, khususnya di kelas XI Ak1 SMK Wachid Hasyim Surabaya. Dalam penelitian ini peneliti menyarankan kepada pengajar bahasa dan sastra Indonesia untuk menerapkan metode hypnoteaching dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran menulis. Karena metode hypnoteaching dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga prestasi belajarnya meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 06 May 2018 03:17
Last Modified: 06 May 2018 03:17
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2337

Actions (login required)

View Item View Item